SISTEM INFORMASI MACOS,LINUX,ANDROID





Mac OS
  •  SEJARAH MAC OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.  Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Macintosh Operating  System atau sistem operasi  Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook  Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical
User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin  dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X .
a)  Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik” adalah sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang
pertama pada tahun 1984 hinggalah Mac OS 9. Sistem Operasi Macintosh ini
pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“.
Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox”.


Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS Klasik :
  •  24 Januari 1984
Mac OS pertama dirilis, dengan nama  “System 1”. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain. Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS klasik.
                                   (Gambar : System 1) 

  • April 1985
Pada April 1985, Mac OS merilis  “System 2”.  System 2 hanya dapat menjalankan 1 aplikasi pada satu satuan waktu (non  multitasking), walaupun beberapa shell-command seperti Servant, MultiMac ataupun Switcher dapat digunakan bersama dalam batasan tertentu.
          (Gambar : System 2)

  •  Januari 1986
“System 3”  dirilis.  Pada  OS ini, file system  ala hirarki (seperti di Mac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan.  System 3 diperkenalkan dengan PC Mac plus. Secara resmi menggunakan Dierarcial File System, mendukung disk startup 800KB, mendukung teknologi harddisk SCSI dan appleshare. Selain itu, system  3 merupakan sistem macintosh yang  pertama kali menampilkan icon Recycle Bin.
                                  (Gambar : System 3)

  • Maret 1987
Pada Maret 1987 , Mac OS merilis  “System 4”.  System 4 pertama kali diperkenalkan dengan PC MAC-II.  Versi ini yang pertama kali mendukung slot ekspansi, yang bernama Apple  Desktop  Bus (ADB), menggunakan HDD internal serta memiliki peningkatan pada kualitas grafik.
 
   (Gambar : System 4) 

  • 1987
Mac OS tidak pernah merilis System 5. Yang dirilis adalah  “System Software  5”. System Software 5 dirilis tahun 1987. System Software 5merupakan system yang pertama kali mendukung konsep multitasking (menggunakan program multifinder) yaitu menjalankan lebih dari 1 aplikasi dalam satuan waktu. Pada versi ini, dukungan pada Printer LaserWriter diperbaharui.
(Gambar : System software 5)

  •  Desember 1980
Pada Desember 1980, Mac OS merilis  “System 6”.  Pada versi ini, system ini telah mengenal konsep disket dengan menggunakan disket 1,44 MB SuperDriver buatan  Apple. Versi ini pula yang digunakan pertama kali pada laptop pertama buatan Apple (Macintosh Portable).
(Gambar : System 6)
  • 13 Mei 1991
“System 7” dirilis. System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.

  • Januari 1997
“Mac OS 7.6” dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama 
Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.

  • 22 Juli 1997


“Mac OS 8”  dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi
ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs  di Apple setelah
sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam
bulan saja.
                                   (Gambar : Mac OS 8 )


  • 23 Oktober 1999


(Gambar : Mac OS 9)
“Mac OS 9”  dirilis. Versi Mac OS ini dipandang oleh Apple sebagai OS
transisi dari versi 8 ke versi OS X.

b)  Mac OS X
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan  memori yang jauh lebih baik dapat lebih banyak pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan sesuatu pengisian menghentikan pengisian lainnya.

Berikut ini adalah perkembangan Mac OS X :
- Mac OS X Cheetah
- Mac OS X 10.1 Puma
- Mac OS X 10.2 Jaguar
 -Mac OS X 10.3 Panther
 -Mac OS X 10.4 Tiger
 -Mac OS X Leopard
 -Mac OS X 10.6 Snow Leopard
 -Mac OS X 10.7 Lion

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAC OS
a)  Kelebihan Mac OS
- Multitasking
-  Bisa mengenal file format windows
-  Tampilan yang lebih glossy sehingga  bagus untuk graphic design/multimedia
- Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya.
-  Ada,Time Machine‟ yang akan bekerja secara otomatis pada background untuk membackup data-data pengguna agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
-  Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
-  Lebih stabil
-  Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan
sebagainya.
-  Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari.
-  Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

b)  Kekurangan Mac OS
-  Harganya Mahal
-  Lebih cocok untuk graphic designer
-  Mac OS bisa digunakan bersama-sama sistem operasi lain  tapi membutuhkan program tambahan ( parallels dekstop )
-  Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
-  Software di Mac OS tidak begitu lengkap kurang cocok untuk aplikasi gaming



 LINUX



  •  PENGERTIAN
Apa itu Linux ?
           Linux adalah nama yang diberikan pada sistem operasi komputer bertipe Unix dengan logonya berupa seekor burung Pinguin. Linux mempunyai kemampuan Multi Tasking, Multi User, dan Memory Management yang baik. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh  Linus Torvalds, seorang mahasiswa asal Finlandia yang dilahirkan pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut-sebut sebagai bapak Linux ini, sudah mengenal bahasa pemrograman pada umur 10 tahun. Karena hobinya dalam dunia computing, di tahun 1988 Linus diterima di University of Helsinki dan pada tahun 1990 Linus mulai belajar kelas pemrograman C pertamanya. Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada  PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operating Sistem), OS buatan Microsoft. Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi bertipe Unix seperti yang dipakai pada komputer milik Universitasnya. Linux adalah sebuah kernel sistem operasi. Pada mulanya, kernel yang dibuat berbasis Minix,  sebuah sistem operasi kecil yang dibuat oleh  Prof. Andrew.

  • SEJARAH 
Dibawah ini adalah sejarah dari sistem operasi Linux :
Tahun 1987
MINIX, Andrew S. T anenbaum mengembangkan Minix, sistem operasi berbasis Unixyang ditujukan untuk pendidikan. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux.

Tahun 1991
 Linux 0.01, Mahasiswa Helsinki bernama Linus T orvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.

• Tahun 1992
Distro Linux, Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System). 

Tahun 1993
- Slackware, Patrick V olkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertamadi kalangan pengguna Linux.
 - Debian : Lan Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuatOS berbasis Linux dengan nama Debian. 
 
• Tahun 1994
 - SuSE, OS Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System EntwicklungGmbH (SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama, SLS.
 - Red Hat : Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux. 
 
Tahun 1998
-Server Linux, Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan server berbasis Windows NT .
-Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya.
-Japan Goes Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia,khususnya di Jepang, China dan Korea.
- Mandrake : Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.

· Tahun 1999
- Support : Hewlett Packard mengumumkan  layanan 24/7 untuk distro Caldera,Turbo Linux,Red Hat dan SuSE.
- Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan
yang nantinya beralih nama menjadi Xandros.

Tahun 2001
 -Lindows: Michael Robertson, pendiri MP3.com, memulai pengembangan Lindows yang diturunkan dari Debian. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena adanya tuntutan perubahan nama oleh Microsoft.

· Tahun 2002
- Open Office : Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan oleh Sun Microsystem.
- OS Lokal : OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya TrustixMerdeka,  WinBI, RimbaLinux, Komura.

• Tahun 2003
-Fedora : Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. Nantinya ada beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora,seperti BlankOn1.0 dan IGOS Nusantara.
-Novell : Ximian, perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli oleh Novell,begitujuga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell.
- LiveCD : Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal  terlebih dahulu. Distro lokal yang
dibuat dari Knoppix adalah Linux Sehat dan Waroeng IGOS.

Tahun 2004
 Ubuntu : Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikanke seluruh dunia.  Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome),Kubuntu(berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).

• Tahun 2005
Mandriva : Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.

• Tahun 2006
-Unbreakable Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari RedHat Enterprise.
-CHIPLux : Distro lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varianMandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.

• Tahun 2008
3D OS : Tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi,3D Desktop diLinux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan olehPC LINUX. Ada beberapa versi yang disediakan,yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distrowarnet Linux dan game center Linux.

  •   JENIS DISTRIBUSI LINUX ATAU DISTRO LINUX
Linux  tersedia  dalam  berbagai  macam distribusi.  Perbedaan  antar  distribusi
Biasanya terletak  pada  cara  instalasi,  pengemasan  paket  aplikasi,  dan  target penggunanya.
Ada  beberapa  distribusi  Linux  yang  cukup  populer  diantaranya  seperti :
-          Debian
-        -  Ubuntu
-        -  Mandrake
-        -  WinLinux
-         - Red Hat
-         - Fedora
-         - Slackware
-         - SuSe

  •   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
Setiap  sistem  operasi  yang  telah  ada  pasti  mempunyai  kelebihan  dan  kekurangan,
berikut kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux adalah sebagai berikut :

Kelebihan Sistem Operasi Linux
-  Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka.
-  Menghemat biaya pengeluaran Lisensi.
-  Linux mudah digunakan.
-  Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di
    Linux.
-  Keamanan yang lebih unggul dibandingkan Sistem Operasi Windows.
-  Linux relatif stabil.
-  Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik.
-  Dll.
Kekurangan Sistem Operasi Linux
-  Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux.
-  Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
-  Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah Windows,dll.

  •  INSTALASI LINUX
           Proses instalasi Linux yang sukar seringkali menjadi penghalang bagi pengguna baru,namun proses ini sekarang sudah menjadi lebih mudah. Dengan penerimaan Linux oleh beberapa pabrik-pabrik PC besar, komputer terpasang (built up) dengan distribusi Linux siap pakai saat ini banyak tersedia. Selain itu, terdapat juga distribusi Linux yang dapat dijalankan secara langsung  dari CD tanpa perlu diinstalasi ke harddisk, hal ini dikenal dengan istilah Live CD. Contoh distribusi dalam bentuk Live CD adalah Knoppix/Gnoppix, Kubuntu/Ubuntu dan Gentoo.Saat ini hampir semua  distribusi Linux menyediakan versi Live CD untuk produknya. ISO image untuk CD untuk distribusi Linux tersebut biasanya dapat diunduh dari Internet, diburn ke CD, dan selanjutnya dapat digunakan sebagai CD yang siap untuk diproses langsung. Bahkan ISO image untuk beberapa distro dapat langsung di jalankan tanpa perlu diburning ke dalam CD/DVD.Instalasi Linux juga merupakan instalasi berupa  suite, yaitu dimana penginstalasian tersebut secara otomatis menginstalasi program-program standar, seperti pemutar MP3,Office Suite, dan pengolah gambar.

  •   PENGGUNA LINUX
Linux  populer  digunakan  di  lingkungan  pemerintahan  (khususnya  di  USA)  dan industri. Pada  banyak  kasus  pilihan  terutama  disebabkan  pertimbangan  harga.Tetapi  kemudian dibuktikan  bahwa  ini  merupakan  pilihan  yang  tepat  berdasarkan aspek  yang  lainnya pula.
Linux telah menunjukkan penetrasinya di bidang yang lainnya pula yaitu  web server  dan merupakan sistem operasi pilihan di lingkungan universitas. Juga bagi para pengguna yang menginginkan mempelajari Unix untuk perkembangan karirnya. Sehingga Linux banyak digunakan untuk perangkat bantu pelatihan. Linux juga populer dalam penggunanaan sistem embedded dan aplikasi turnkey (siap pakai) termasuk  firewall   Interwall ,  router ,  Point of Sale (POS). Juga ada  beberapa penerbit yang menggunakan Linux pada system  Raster Image Processor (RIP).  


ANDROID


  • PENGERTIAN ANDROID
          Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.Android menyediakan platform terbuka bagi para  pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc. yang merupakan pendatang baru pembuat perangkat lunak untuk ponsel/smartphone dengan membentuk Open Handset  Alliance (OHA)
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile.
  •  DISTRIBUTOR SISTEM OPERASI ANDROID
Di dunia terdapat dua jenis :
- Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS)
 -Kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).


  • PERKEMBANGAN VERSI ANDROID DARI AWAL-SEKARANG
    1. Android versi 1.0 (Astro)
    Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

    2. Android versi 1.1 (Bender)
    Android versi 1.1 merupakan Android awal yang dimana versi ini baru memberikan sentuhan dibeberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (user interface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

    3. Android versi 1.5 (Cupcake)
    Android versi 1.5 atau yang dikenal sebagai Android Cupcake. Perubahan yang terjadi pada sistem operasi Android Cupcake bisa dibilang cukup banyak. Diantaranya adalah sistem fasilitas mengunggah video ke Youtube, aplikasi headset nirkabel bluetooth, tampilan keyboard dilayar, serta tampilan gambar bergerak yang lebih atraktif. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

    4. Android versi 1.6 (Donut)
    Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Berikut penampakan Android v1.6 Donut. Mampu menayangkan indikator baterai pada ponsel, pengguna dapat memilih dan menentukan file yang akan dihapus, zoom-in zoom-out gambar dengan membaca gerakan serta arah gerakan tangan (gesture), penggunaan koneksi CDMA/EVDO, dan lain sebagainya.

    5. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
    Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

    6. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
    Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.

    7.Android versi 2.3 (Gingerbread)
    Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai saat ini Android Gingerbread merupakan versi Android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri Android lainnya, yaitu mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.

    8. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
    Pada bulan Mei 2011 Android versi 3.0/3.1 atau Android Honeycom dirilis dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada penggunaan tablet berbasis Android.

    9. Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
    Android ICS atau Ice Cream Sandwich juga dirilis pada tahun yang sama dengan Honeycomb, yaitu pada bulan Oktober 2011. Begitu banyak fitur-fitur terbaru yang disematkan pada sistem operasi ini, antara lain yaitu fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah dan masih banyak lagi lainnya.

    10. Android versi 4.1 (Jelly Bean)
    Fitur terbaru dari sistem operasi Android Jelly Bean ini salah satunya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif, dan beberapa fiture keren lainnya.


    11. Android versi 4.4 (KitKat)
    sebelumnya banyak kabar beredar jikalau android akan meluncurkan OS baru yang bernama Android Key Lime Pie namun setelah di analalisa tidak sesuai dengan ejaan orang umum, sehingga namanya diganti dengan OS Android KitKat yang sebagian besar orang sudah familiar dengan itu seperti yang dilangsing BBC dalam wawancaranya dengan John Lagerling selaku perwakilan dari google.

    12. Android versi 5.0 (Lolipop)
    Android Lolipop adalah Android versi terbaru yang diluncurkan Google pada tahun 2014. Versi Lollipop ini pertama kali ditanamkan di Smartphone Google Nexus 6
    Android versi 6.0 (Marsmelow)
    Nama Nama Versi Android Dari Banyak yang mengira bahwa versi android seteleah versi 5.0 Lollipop adalah Milkshake, namun google membantah akan dugaan itu. Google secara resmi mengeluarkan Android versi 6.0 yang diberi nama Marshmallow. Selain itu Android Marshmallow juga akan menambah fitur fitur terbarunya.

    13. Android versi 6.0 (Marsmelow)
    Nama Nama Versi Android Dari Banyak yang mengira bahwa versi android seteleah versi 5.0 Lollipop adalah Milkshake, namun google membantah akan dugaan itu. Google secara resmi mengeluarkan Android versi 6.0 yang diberi nama Marshmallow. Selain itu Android Marshmallow juga akan menambah fitur fitur terbarunya.





    14. Android versi 7.0 (Nougat)
     Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

    15. Android versi 8.0 (Oreo)
    Versi android ini resmi diperkenalkan ole Google pada tanggal 22 Agustus 2017 yang lalu dan juga sudah secara resmi bisa diluncurkan langsung ke lapangan, tapi sebelum versi android ini diresmikan oleh google, nama “Oreo” sendiri sudah terendus sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017, Mei 2017 lalu.
     
  • ANDROID SAAT INI
 Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone tetapi menjadi pesaing utama Apple pada sistem operasi PC Tablet. Pesatnya pertumbuhan android karena merupakan sistem operasi open source sehingga bebas didistribusikan dan dipakai oleh vendor manapun. Selain itu android adalah platform yang lengkap, baik sistem operasinya, aplikasi dan tool pengembangan, market aplikasi android, serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas open source.
 
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI ANDROID
KELEBIHAN :

  1. Penggunaan yang didesain mudah pada fitur-fitur aplikasi, serta tidak sulit untuk dipahami.
  2. Android dapat juga dikatakan sistem operasi berbasis Linux yang open source. Dengan begitu akan memberikan peluang besar untuk para developer membuat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bagus dan canggih.
  3. Pengguna dapat dengan bebas untuk memilih aplikasi yang mana saja yang ingin digunakan.
  4. Tersedia banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan secara gratis dengan berbagai fungsinya, itu secara resmi tersedia di Google Play Store.
  5. Sistem operasi Android bersifat multitasking, yang berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi secara mudah, serta dapat menelusuri apps Android yang diinginkan.
  6. Aplikasi untuk sistem Android juga dikembangkan secara up to date, sehingga setiap waktu akan muncul berbagai program dengan teknologi baru yang luar biasa fitur-fiturnya.
  7. Kamu bisa menginstal ROM yang dimodifikasi, akan tetapi pada sistem operasi Android sendiri memiliki cukup banyak jenis custom ROM. Tenang saja hal tersebut dijamin tidak membahayakan perangkat smartphone.
  8. OS Android memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti salah satunya iOS yang dipunyai milik Apple, dimana iOS hanya dapat digunakan oleh produk dari Apple sendiri. Adapun Android dapat digunakan berbagai merek smartphone seperti Samsung, Sony Ericsson, Motorola, dan HTC.
  9. Widget yang ada di homescreen bisa diakses dengan berbagai setting, cepat dan juga mudah

KEKURANGAN :

  1. Sistem operasi Android tampaknya menuntut pengguna untuk harus memiliki koneksi internet dalam keadaan aktif. Seperti minimalnya perlu koneksi internet GPRS, hal ini agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  2. Memang terdapat banyak Aplikasi Android yang dapat digunakan secara gratis, akan tetapi seringkali  pada aplikasi yang digunakan akan memunculkan iklan yang cukup mengganggu.
  3. Baterai pada smartphone dengan sistem Android akan sangat boros dibandingkan OS lainnya, hal tersebut disebabkan dengan banyaknya proses yang berjalan secara background yang membuat energi baterai menjadi cepat habis.
 


 




 















Komentar

  1. copy dari blog orang yaaa wkwkwkwk ::D

    BalasHapus
  2. apakah word, excel,powerpoint yang ada di mac os sama dengan yang microsoft office dari windows xp?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan beberapa model pengembangan software

Perbedaan 4 Enterprise Architecture Framework

Mengenal lebih dalam tentang TOGAF