Mengenal lebih dalam tentang TOGAF


Ayo mengenal lebih jauh tentang TOGAF 

Apa itu TOGAF?

The Open Group Architecture Framework (TOGAF) adalah suatu kerangka kerja atau metode rinci dan satu set alat pendukung yang digunakan untuk mengembangkan suatu arsitektur enterprise. TOGAF dapat digunakan secara bebas oleh organisasi yang ingin mengembangkan suatu arsitektur enterprise yang akan digunakan dalam suatu perusahaan atau organisasi. TOGAF juga framework yang memberikan pendekatan komprehensif untuk merancang, merencanakan, melaksanakan dan mengelola EA. Dalam perkembangannya saat ini TOGAF digunakan pada bidang perbankan, industri, manufaktur dan pendidikan.
   

Mengapa kita perlu memakai TOGAF?

Karena dalam TOGAF sendiri mempunyai tahap ADM, ADM ini memiliki kelebihan yaitu bisa di iterasi pada setiap proses, dibandingkan dengan proses lainnya yang prosesnya sekuensial sehingga harus melewati keseluruhan proses dulu baru bisa kembali ke proses pertama.
Pada Architecture Content Framework, TOGAF melakukan pengelompokkan seperti halnya Zachman Framework.
Pada Architecture Capability Framework, kita bisa mendapatkan keterkaitan antara satu arsitektur dengan arsitektur lainnya. Selain itu bisa dilakukan pengelolaan terhadap sistem informasi yang akan disusun baik prosedur, tata kelola dsb terutama yang berkaitan dengan mitra.
Di Integrated Information Infrastucture kita bisa lebih fokus untuk menggunakan TOGAF tentang bagaimana membangun sistem informasi yang terintegrasi, sedangkan di Technical Reference Model bisa lebih fokus kepada standar teknis yang generik.

Pada saat bagaimana TOGAF diperlukan?
 TOGAF akan digunakan pada saat perusahaan itu mempunyai sebuah struktur yang cukup rumit. Sehingga harus menggunakan tools yang semua itu tidak bisa menggunakan keinginan sendiri. Hal ini dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi saat ini, kebanyakan industri dan perusahaa juga menggunakan TOGAF untuk menyusun arsitekturnya, karena togaf sendiri lebih melakakuan pendekatan secara menyeluruh

Apa saja manfaat TOGAF daripada framework lain ? 
 Manfaat TOGAF daripada framework yang lain adalah : 
·  Sistematis 
·  Fokus pada siklus implementasi (ADM) dan proses 
·  Kaya akan area teknis arsitektur 
·  Recource base menyediakan banyak material referensi 
·  Karena melibatkan banyak pihak terutama industri, di TOGAF banyak memberikan best practice atau kejadian riil di dunia nyata 
·  Pendekatannya bersifat menyeluruh (holistic). . 
·  TOGAF mampu untuk melakukan integrasi untuk berbagai sistem yang berbeda-beda 
·  TOGAF cenderung bersifat generik dan fleksibel karena dapat mengantisipasi segala macam artefak yang mungkin muncul dalam proses perancangan (Resource base TOGAF menyediakan banyak material referensi), standarnya diterima secara luas, dan mampu mengatasi perubahan. 
· Kunci TOGAF adalah metode – TOGAF Architecture Development Method (ADM – Metode Pengembangan Arsitektur) – untuk mengembangkan suatu arsitektur enterprise yang membahas kebutuhan bisnis. 
·  TOGAF relatif mudah diimplementasikan 
·  TOGAF bersifat open source, sehingga bersifat netral terhadap teknologi dari vendor tertentu.

Apa saja bagian-bagian dari TOGAF?
Dalam TOGAF sendiri terdapat 3 bagian, yaitu :
1. Architecture Development Method (ADM): Merupakan bagian utama dari TOGAF yang memberikan gambaran rinci bagaimana menentukan sebuah enterprise architecture secara spesifik berdasarkan kebutuhan bisnisnya.
2. Foundation Architecture (Enterprise Continuum): Foundation Architecture merupakan sebuah “framework-within-a-framework” dimana didalamnya tersedia gambaran hubungan untuk pengumpulan arsitektur yang relevan, juga menyediakan bantuan petunjuk pada saat terjadinya perpindahan abstraksi level yang berbeda. Foundation Architecture dapat dikumpulkan melalui ADM. Terdapat tiga bagian pada foundation architecture yaitu Technical Reference Model, Standard Information dan Building Block Information Base.
3. Resource Base: Pada bagian ini terdapat informasi mengenai guidelines, templates, checklists, latar belakang, membantu arsitek didalam penggunaan ADM.

Pendapat saya tentang TOGAF?
             Dilihat dari semakin berkembangnya teknologi yang saat ini, sebuah perusahaan pastinya sangat membutuhkan enterprise architecture untuk mengurus semua proses bisnisnya. Salah satu EA yang bisa digunakan adalah TOGAF, kenapa TOGAF? Karena menurut saya TOGAF ini mempunyai sebuah susunan enterprise yang cocok digunakan disuatu perusahaan, selain sifatnya yang fleksibel yang dapat berubah sesuai dengan pola perusahaan tersebut, TOGAF juga mudah diimplementasikan dan sistematis, sehingga arsitektur suatu bisnis menjadi lebih terstrukstur dan tertata.            



 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan beberapa model pengembangan software

Perbedaan 4 Enterprise Architecture Framework